Skip to main content

Trip Seru: Kampung Inggris Pare

fresh graduate identik dg jobless. Sama seperti saya. Setelah sidang di bulan Agustus 2011, dan nilai turun di bulan September, asli bener2 ngerasa jobless. Mau ngapain aku ini? Mau kerja dimana? Mau jadi apa? Fyi, jauh sebelum lulus saya rutin berkunjung di website buat nyari kerja, such as jobstreet, jobsDB, karir.com, bilaboong, dan teman2nya yg lain, disitu saya liat hampir 100% mensyaratkan harus bisa b. Inggris. Lah saya?? Bisa sih, tapi pasif. Ngomongpun juga gak begitu pede. Tetiba ide cemerlang muncul, sembari menyembunyikan status saya yg jobless, jadilah saya pergi liburan ke kampung Inggris, Pare-Kediri.

Bertolak 10 hari setelah hari raya idul fitri, saya pergi menuju kampung Inggris dg bus patas. Waktu tempuhnya ± 3 jam dr Surabaya. Karena kakak saya pernah berlibur di tempat yg sama slama 3 bulan, maka jadilah saya daftar ke Marvelous. Di marvelous saya ambil paket sebulan dg 6x pertemuan per harinya dg harga 500rb termasuk camp. Murah kan?

Sehari, dua hari saya udah jatuh cinta sama suasana pedesaan di sana, seruuu, adem, ayem, dan tentrem. Apalagi kalo kita mw jalan2 kita musti nyewa sepeda onthel dulu. Harganya gak mahal, tergantung jenis sepeda yg kita sewa. Harganya ±40rb-80rb perbulannya.

Di marvelous, saya dapet temen buanyak *teteup yak!* yg terpenting saya juga dapet confidence bwt speaking, asli deh jadi pede banget kalo speak up in english, begaya gituh! Hahaha. Temen2 yg rame, bocor, dan yaampun gak ngerti nyebutnya kek mane, pada gila semua pokoknya!! Asli ya, pikiran stres lgs ilang, tiap hari, tiap minggu isinya jalan2 teruuuuuss. Gak berasa banget joblessnya pokoknya! Seneng? Iyalah! Banget2 malah.. Makanya begitu periode 10 habis *disana ada periode 10 dan 25* aku lgs galau lagi, temen2 koplak pada ilang, walopun masih banyak yg stay sih..

Bulan kedua, saya ambil writing, speakin, dan pronunciation. Teteup ya, dg alasan mengaktifkan saraf2 sensori saya dalam b. Inggris sbelum kerja. Untuk writing saya ambil di Elfast yg emang jagonya grammar, tapi speaking saya juga ambil di tempat yg sama, ambil dynamic speaking, level 5nya speaking. Untuk pronun? Teteplah, di marvelous, gurunya kan udah pernah di amrik 5th, jadi gak perlu diragukanlah kemampuannya..

Ngomongin beaya, umumnya program sebulan mematok harga 150-200rb perbulan perprogram. Kalo program 2 mingguan sekitar 30-100rb tergantung lembaga dan programnya.
Untuk urusan perut, gak begitu mahal kalo kata temen2 luar jawa, termasuk kata temen2 dr Jakarta-Bandung. Kalo kata saya, biasa aja, ya karna di Surabaya harga makanan emang segitu, 2500-tak terbatas.

Jadi, bagi para jobless yg bingung mw ngapain setelah atau sebelum wisuda, sok deh tengok kampung Inggris Pare, dijamin liburan kalian bakalan seru gak wajar. Trust me. Selamat liburan yg bikin pintar! :D

Comments

fajarembun said…
wuaah enak banget...pengen rasanya dan penting banget ya sepertinya...coba aah tahun depan...
Atiqoh Hasan said…
cobain deh, asli seru banget.. Eh, iya, ada @menek_deui juga disana, tapi dia disana smp awal januari keknya..
ucrietz said…
owh ada si M juga, pantesan. betah..
Atiqoh Hasan said…
ada juga jarang ketemu kali, rencana ketemuan batal gegara aku keburu pulang..
zhany said…
mau tanya donk sista,..
ngambil camp yg di marvelous ituu
d asrama 1 kamarnya brapa org??
truz di kapasitas kelasnya maximal berapa org
makasiihh sebelumnya,.
:)
Atiqoh Hasan said…
ymku masuk gak ya tadi pagi? kayaknya kok failed..
iya, yang camp di marvel itu per kamarnya 4-6 orang, terlalu penuh memang. untuk kapasitas kelas di marvel dan beberapa tempat kursus yang lain memang sering overloaded, pernah ada di atas 30 orang per kelasnya.
kalau mau ambil di pare, mending fokuskan dulu apa yang kamu cari, speakingkah, pronunciationkah, grammarkah, writing, TOEFL, IELTS?
kalau speaking dan udah biasa cas cis cus ambil di daffodils lv3 atau public speaking. atau elfast kelas dynamic speaking (lv5). kalau masih mau belajar PD buat ngomong ambil di mr. Bob, tapi ini biasanya rame banget kalo mau daftar, sering penuh.
kalau pronunciation, ambilnya di marvelous atau anaknya marvelous, the eminence dan fabulous.
writing dan grammar di elfast.

kalau mau aktif ngomong, bisa ikut camp dimana aja, setauku zeal, cherry, logico camp yang paling disiplin. untuk biayanya jelas lebih mahal.
atau kalau mau murah bisa indekos kok :)
tia said…
tau contact person marvelous ga?
Atiqoh Hasan said…
tau, hubungi aja mr. Tan yang punya Marvelous 08883184718
yoga said…
mau tanya dong, marvelous mewajibkan camp atau bisa kost diluar juga?
Atiqoh Hasan said…
nggak wajib kok. tapi lebih hematnya ya camp kalau ambil satu level penuh di Marvellous.

Popular posts from this blog

Itinerary, Tips, dan Trik ke Labuan Bajo

Pulau Bidadari Labuan Bajo adalah destinasi yang banyak orang inginkan. Termasuk saya. Butuh keberanian besar untuk bisa ke sana. Apalagi kalau urusan dana. Saya, begitu mendapatkan tiket promo Denpasar-Labuan Bajo PP dan Denpasar-Surabaya (total harga tiga tiket Rp 1.490.000--ini harga paling hemat di saat mulai jarang ada harga tiket pesawat murah), langsung menyusun itinerary agar bisa hidup ngirit selama empat hari di sana. TIPS: Beli tiket jauh-jauh hari. Saya beli tiket enam bulan sebelumnya saat belum tahu mau ke sana sama siapa. Pokoknya beli aja.
Berdasarkan hasil blog walking, rerata jumlah yang dikeluarkan selama hidup empat-lima hari berkisar antara 3-5 juta rupiah perorang. Lumayan kerja keras untuk menabung. Saya pun mulai mengontak kapal yang sekiranya bisa membantu saya mencapai tujuan island hopping dengan harga murah.
Kebanyakan kapal memiliki program LOB (Live on Board)*. Artinya tidur melayang di kapal selama 3H2M atau 2H1M. Kalau mau lebih juga ada paketnya. Selama t…

10 Makanan Khas Belitung yang Wajib Kamu Coba

Setiap pergi ke suatu tempat, mencari makanan khas adalah satu kewajiban. Semisal saat ke Belitung awal tahun lalu. Begitu tiba di Belitung, kami langsung menanyakan tempat makan favorit, populer, dan menggoyangkan lidah. Beruntunglah, saya punya teman asli Tanjung Pandan yang bisa ditodong pertanyaan macam-macam. Meskipun nggak bisa nebeng ke rumahnya *modus gratisan:))* yang penting dapat info seputar kawasan penghasil timah ini. Dari beberapa kuliner khas Belitung yang saya coba, saya bisa simpulkan jika masakan Belitung banyak bersantan, asam, manis, dan nggak pedas.
Berikut adalah kuliner khas Belitung yang wajib dicoba.
1. Mie Belitung Atep
Mie Atep
Ini kuliner paling wajib yang harus dicoba setiba di Tanjung Pandan. Serius. Makanan ini seolah menjadi ikon tersendiri bagi Belitung. Letaknya persis di pusat kota Tanjung Pandan, di sekitar Tugu Batu Satam. Ada dua menu makanan yang ditawarkan. Mie Atep atau Nasi Sum-Sum. Saya memesan Mie Atep, sudah tentu. Sementara teman yang pes…

Pengalaman Pesan Hotel One Night Stand di Bali

Peta Pulau Bali
Sebagai backpacker amatir dan nggak kece-kece banget, saya mulai jarang menyusun itinerary dengan detail dan terperinci. Karena saya pikir, merasakan kejutan di perjalanan sudah termasuk dalam inti traveling yang saya cari. Seru!

Beberapa waktu lalu, saat pergi ke Bali seorang diri, saya tidak merencanakan banyak hal. Karena saya tahu, sehari di Bali itu kurang. Apalagi saya menempuh perjalanan dengan kereta Surabaya-Denpasar. Otomatis, waktu saya banyak terbuang di jalan. Masih untung kalau saya sempat mendapatkan sunset ciamik di sepanjang pantai selatan daerah Kuta. Nothing to lose-lah, karena ke Bali niatnya hanya transit.

Kereta Surabaya-Banyuwangi berangkat pukul 22.00 tepat. Karena saya tak ada rencana apapun di Bali selama sehari, otomatis saya juga nggak banyak pikiran soal tempat menginap. Pikiran saya kala itu, semakin mepet waktu menginap, semakin murah harga hostel yang dipilih. Paling sial, nginep di bandara ajalah. Namanya juga gembel:)).


CX Hostel Ground…