Tuesday, May 22, 2012

#trip Karimun Jawa 15-19 Mei 2012 #2

18 Mei 2012
Memasuki hari ketiga di Karimun Jawa, jadwal hari itu idem dengan hari kemarin (17 Mei 2012). Sebelumnya, seperti pagi kemarin, kami jalan-jalan pagi terlebih dahulu. Berbeda dengan hari sebelumnya, pagi itu kami bertiga (saya, Nia, Lukman) memilih untuk melihat sisi Timur Karimun, yang artinya kami berjalan ke arah pelabuhan Karimun Jawa *keempat teman lainnya memilih untuk berkeliling di sebelah barat daya dermaga*. Angin pagi itu cukup sejuk, sehingga kami pun menikmati semilir yang membuat kami betah berjalan lambat macam keong. Oh iya, fyi, jalan-jalan pagi itu super sepi, bisa dikatakan kami turis lokal satu-satunya yang sudah bangun dan jalan-jalan pagi, padahal itu pukul 5.30 WIK (Waktu Indonesia bagian Karimun Jawa).

Over 100 years old

Go map!

The only one SPBU and has been deactivated

Selesai jalan-jalan dan sarapan yang telah disediakan penginapan, kami langsung berkemas untuk snorkling di Timur Karimun. Hari itu tujuan kami adalah Pulau Tengah, Pulau Kecil, Pulau Gosong, dan Penangkaran Hiu. 
Berbeda dengan jalan-jalan pagi dengan angin semilir, angin laut pagi itu cukup kencang. Bahkan duduk kami pun diatur biar kapal gak oleng. Berbeda dengan hari sebelumnya yang bisa bebas pencilakan, duduk kami dari awal sampai Pulau Tengah harus anteng dan gak boleh pindah-pindah. Doh, kebayang dong, saya yang gak bisa anteng harus duduk diam di bagian depan kapal dan gak boleh gerak-gerak. Bosen! Mana ombaknya kenceng, letak pulaunya jauh pula, bener-bener mati gaya.
Berhubung ombak yang dihasilkan hari itu cukup tinggi, maka, perjalanan pertama kami yang kala itu menuju Pulau Tengah langsung berputar ke Pulau Gosong. Kenapa? Karena...

Pulau Gosong
Berputar sedikit dari tujuan semula, Pulau Tengah, kami menuju Pulau Gosong, sebuah pulau yang timbul tenggelam tergantung dengan tingginya ombak. Tapi, pasti tenggelam setiap harinya. Pulau Gosong sangat jauh berbeda dengan pulau-pulau lainnya di Karimun Jawa. Selain belum ada yang membelinya :p, juga tak ada pepohonan sama sekali di sana, yang ada hanya hamparan pasir putih dengan air laut yang menghijau di tepinya. Subhanallah banget.

How beautiful it is!

Selesai Pulau Gosong, kami langsung berayun-ayun ke Pulau Tengah. Kenapa berayun? Karena kapal kami bener-bener kena ombak tinggi, bahkan hampir terguling karena gak imbang. Jelas, saya yang kala itu sudah pindah duduk di bagian tepi tengah kapal langsung pindah ke tengah, menyeimbangkan gitu maksudnya wedi pek serius -___-".

Pulau Tengah
Nah! Di Pulau Tengah ini, Yaa Allah, seriuuuus pemandangannya oke punya! Terumbu karangnya dekat banget, dengan warna-warni macamnya. Ikannya banyak, tapi sayang gak ada satupun foto disana *under water* karena emang jatah foto under waternya udah habis #ngek. Ya udah sih, hajar aja nyelamnya :D. Oh iya, disini, ada beberapa terumbu karang yang rusak :(. Abis nyelam dan snorkling, kami langsung menepi buat makan siang, temanya masih bakar-bakar kayak hari sebelumnya. Tapi sebelumnya diisi dengan foto-foto cantik di tepian pantai. Fotonya minim, karena foto terpusat di kamera Cici dan saya lupa belum ngopi. Di Pulau Tengah ini viewnya bagus, ada sepetak lahan buat penangkaran hiu tepat di depan sebuah villa yang menjorok ke laut.

Terumbu karang rusak


Hyak!

Hore!

Pegel :p

Sudah makan, sudah kenyang, sudah kenalan bareng temen-temen dari Semarang, rombongan CS regional Semarang *makasih infonya yaa! :)* kami langsung menuju ke Pulau Kecil yang letaknya gak jauh dari Pulau Tengah, tinggal renang aja sampai tapi gak ada yang mau berenang :p.

Pulau Kecil
Persinggahan kami selanjutnya adalah Pulau Kecil. Disini, ikannya lucu-lucu dan segambreng, ada nemo juga yang biasa ditemukan di karang-karang dasar laut, tipikal ikan pemalu. Di tepian Pulau Kecil terdapat dermaga kayu, nah, mas guide lah yang nunjukin ke kami kalau ada nemo di karang di dekat pilar dermaga kayu. Dan, emang beneran ada!

Gotcha Nemo! :D

Melompat lebih tinggi!

Barang kali mas guidenya kasian sama kita yang seharian gak foto-foto dalam air, jadinya, pas di Pulau Kecil ini kami nampang sebagian :)).

Ikannya cantik :p

He-ho :D

Sudah di Pulau Kecil, artinya perjalanan bahari kami harus segera diakhiri dengan menuju Penangkaran Hiu. Perjalanan dari Pulau Kecil sampai Penangkaran Hiu ini jauuuuh sekali, sama kayak pas perjalanan berangkat dari Karimun ke Pulau Tengah-Kecil. Di perjalanan ini, ombaknya beneran tinggi, kepala udah nyut-nyutan aja, angin kenceng, perut mual, dan masuk anginlah saya :|. Bahkan saking kencengnya angin, si Nia sampai muntah-muntah.

Penangkaran Hiu
Sampai di Penangkaran Hiu, niat jauh-jauh hari buat uji nyali renang bareng hiu seketika batal gegara saya yang keburu masuk angin, sendawa bolak-balik, maka saya cuman mengamati dari tepi saja sambil ngerendam kaki. Ternyata, ngerendam kaki di tepian juga cukup membuat adrenalin naik turun loh. Pas lagi asik ngobrol dan membiarkan kaki di air, dua hiu menghampiri kaki saya yang langsung bikin saya gak pakai mikir dua kali buat angkat kaki :)))). Nyali saya ciuuutt, tapi tetep mupeng renang serius! 

Hai hiu

Breathless :p

Mejeng kaki di tepian :))

Done! Selesai Penangkaran Hiu, artinya wisata kita benar-benar berakhir. Kami segera kembali ke Karimun yang letaknya gak jauh dari Penangkaran Hiu, dilihat aja nyampe kok :p liatnya pakai berenang tapi :))
Selesai sudah perjalanan kami, berenang, snorkling, tapi tidak dengan bercanda ya! Karena rombongan kami emang kelewatan gak warasnya, kecuali saya! :)).
Malamnya, rutinitas kami hanya bersantai. Selepas bersih diri, niatnya, saya dan Nia mau balik lagi ke toko souvenir, tapi apa daya sama-sama tertidur cepet belum puas belanja :)).

19 Mei 2012
Packing! Jadi, setelah bersih diri dan sarapan, kami packing buat check out dan pulang ke Jepara dengan kapal cepat Bahari Express dengan jadwal pemberangkatan jam 8 WIK. Estimasi pemberangkatan ini mundur lamaaaa temans, 4 jam! akibat ombak yang bisa dibilang cukup tinggi, yakni sekitar 2,5 meter. Lagipula, posisi kapal kami bakalan melawan arus, bisa dibayangkan dong  gimana bahayanya.
Oh iya, sebelum check out tepatnya pukul 6.20 WIK, karena saya masih punya keinginan buat beli kaos, jadinya abis sarapan saya ngabur bentar nyari toko souvenir yang gabung dengan home stay dan buka pagi-pagi niaaaaatt!! :))). Berbekal subuh-subuh nanya sama ibu yang punya penginapan, dimana tempat jual souvenir yang gabung dengan home stay, maka berangkatlah saya ke toko souvenir seorang diri :)))). Dan, saya nemu dua home stay yang juga jual souvenir, satu toko tutup, dan satunya lagi buka. Yeay!! :D
Namanya Home stay Berkah Ilahi, letaknya tak jauh dengan penginapan kami. Hanya berselang dua gang. Dan, di home stay tersebut, model kaosnya lucu-lucuuuu, beneran nyesel kenapa gak kemarin-kemarin kesana. Karena diburu waktu dan sudah ditelpon sama si mas, maka saya pilih kaos dan souvenir gak pakai mikir! Errr -___-" 
Kembali ke penginapan sudah ditunggu mobil jemputan dengan perabotan saya sudah beres semuanya, bener-bener mau ditinggal :)). Pas ditanya saya dari mana, maka, rombongan pun juga pengen mampir kesana #eaaa *sia-sia saya buru-buru*. Bareng rombongan, saya belanja lagi! Yaa ampun kenapa bisa giniiii!! :))))
Selesai semua-muanya, kami sampai pelabuhan paling cepat! Yep, baru satu rombongan yang sampai, dan kesempatan itu kami buat foto-foto doooonngg :)). Nyusul yak, fotonya! :D

Akhirnya, setelah 4 jam dalam penantian tsaaaahh :p kapal yang berdurasi 2 jam tersebut mau berangkat juga. Padahal sebelumnya dikabarkan kalau misal kapal delay sampai di atas jam 12, maka perjalanan ditunda. Jadiiiii, selamat tinggal Karimun Jawa. Sampai ketemu kapan-kapan lagiii, proud to be served! :*

Tips penting! 
1. Bagi yang mabok perjalanan darat, laut, dan udara serius ada baiknya bawa antimo dan minyak kayu putih, biar gak ngerepotin temannya. Persis bagi yang suka pusing di bawah terik, wajib bawa obat sakit kepala :p.
2. Bagi yang jarang mandi dan gak suka sering-sering mandi alias males macam saya, untuk perjalanan 4H3M cukup membawa 4 potong baju ganti, 2 celana santai (buat tidur dan menyelam). Untuk pakaian dalam, tau sendirilah gimana ngitungnya :p.
3. Pakai kaos lengan panjang buat nyelam biar gak gosong. Jangan lupa sunblocknya. Kalau saya sih, udah bawa sunblock tapi gak kepake, males makenya, jadi gosong deh :)).
4. Gak usah bawa jaket, disana panas.
5. Selamat berlibur! :D

ps. banyak foto yang masih delay, ntar yaa, nunggu fotonya komplit, baru diedit kalau gak males :p.
Post a Comment