Saturday, October 6, 2012

City tour: Monumen Tugu Pahlawan (Montupa)

Jumat kemarin, setelah ngerencanain buat jalan-jalan (dan selalu kutolak; jobless sok sibuk :p), akhirnya cusslah aku bareng teman yang kenal di Pare dan sedang nyungsep di Surabaya kota tercintaku *halah*. Nggak berapa lama deal berangkat jam 9, si Tere --temen lab zaman kuliah-- sms kalau pingin jalan-jalan. Yasud, barenglah kita jadi bertiga. Rencananya, kami mau ke Tugu Pahlawan aja. Tapi, dasar aku sukanya impulsif, langsung aja bilang sekalian ke House of Sampoerna :D.
1. Tugu Pahlawan
Didirikan pada 10 November 1951, Tugu Pahlawan merupakan monumen perjuangan yang digunakan untuk memperingati perjuangan arek-arek Suroboyo dalam melawan penjajah. Di monumen ini juga ada museum Sepuluh November dimana keberadaannya digunakan untuk memperkuat keberadaan Tugu Pahlawan yang menyimpan lukisan, diorama, dan peralatan perang arek Suroboyo yang diprakarsai oleh Bung Tomo.
Tepatnya, di lantai satu digunakan sebagai pameran 10 patung yang melambangkan semangat perjuangan rakyat Surabaya, orasi, dan koleksi peninggalan Bung Tomo. Sementara di lantai dua diginakan sebagai ruang pameran senjata, foto-foto, dan dokumenter. Selain itu juga ada ruang diorama yang menyajikan delapan peristiwa penting di sekitar tanggal 10 November 1945 lengkap dengan narasinya (sumber: katalog wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan perubahan berdasarkan kondisi terakhir).
Di bagian taman, ada beberapa patung yang terdiri dari gubernur Jawa Timur dan Walikota Surabaya pertama. Juga, mobil hitam yang digunakan Bung Tomo di zaman itu.
Monumen ini diresmikan oleh Ir. Soekarno setahun berikutnya. Tepatnya pada 10 November 1952. Untuk masuk ke museum yang terdiri dari dua lantai ini, Anda hanya diperlukan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Biasanya, Tugu Pahlawan ramai dikunjungi oleh anak-anak sekolah untuk field trip atau study tour.
Menariknya, jika Anda berkunjung pada hari Minggu pagi, monumen ini akan penuh dengan pedagang kaki lima yang mengelilingi atau berada di jalanan sekitar Tugu Pahlawan. Yang dijual pun beragam. Anda tertarik dengan kuliner khas Surabaya semanggi? Anda bisa menemukannya di sini. Hanya membayar Rp 3.000-5.000 maka Anda akan menikmati sepincuk semanggi yang enak.
Mengenai letaknya, Tugu Pahlawan terletak di tengah jalan Pahlawan dan berada tepat di depan kantor Gubernur Jawa Timur. Tepatnya, terletak di Kecamatan Bubutan, Surabaya. Berikut ini, terlampir dokumentasi pribadi.

                 








    




Post a Comment