Monday, November 12, 2012

Opini: Hari Pahlawan

Selamat hari pahlawan! Telat 2 hari nggak papalah ya :p

Eniwei, bincang pahlawan, apa sih arti pahlawan menurutmu? Jelas, pahlawan zaman dulu, sekarang, dan masa depan pasti berubah. Tapi, boleh dong ya, kasih pandangan, argumen, opini tentang pahlawan menurut kalian? :p

Kalau menurut hemat saya *bahasanya :))* pahlawan adalah orang yang berguna untuk dirinya sendiri, juga orang lain. Singkatnya, pahlawan itu berguna bagi banyak orang dan lingkungan sekitar, lalu membawa efek besar di masa mendatang. Nggak percaya?

2 orang nominator Bung Tomo Awards 2012 berhasil kutemui dan keduanya adalah pemenang dari 3. Satu pahlawan lingkungan, satu lagi pahlawan bidang pendidikan. Kalau kalian tahu, keduanya tinggal di rumah sederhana. Apalagi pak Husain (pejuang pendidikan anak jalanan) yang juga seorang pemulung sekaligus mantan narapidana 8x masuk hotel prodeo. Nggak jauh beda dengan pak Husain, pak Sony (pejuang lingkungan/ mangrove) juga demikian. Banyak yang tidak menyukai aksinya, tapi beliau cuek dan akhirnya banyak penghargaan yang didapat.

Itu contoh orang 'kecil' yang menjadi 'besar' karena ikhlas membantu tanpa pamrih untuk orang sekitar dan lingkungan. Lalu bagaimana dengan kita? Aku? Sudahkah kita berguna bagi orang lain? Dan sejauh mana usaha tersebut?

Post a Comment