Tuesday, January 14, 2014

Wisata Keluarga di Pantai Tanjung Papuma

Masih dalam serangkaian perjalanan cuti, tujuan saya selanjutnya adalah mengunjungi Pantai Tanjung Papuma, Jember. Semula, saya pikir, rombongan kantor ayah akan menghabiskan wilayah pesisir Banyuwangi yang terkenal dahsyat ombak dan pemandangannya. Tapi ternyata, tujuan wisata pantai tertulis hanya di Pantai Pasir Putih Situbondo dan Pantai Watu Ulo Jember. Jeng jeng jeng. Saya yang memang ikut rombongan pun hanya bisa komplain dalam hati. Tahu sendiri, kalau kedua pantai tersebut tidak seindah bayangan, hehe. Usut punya usut, ternyata sesampainya di Pantai Watu Ulo, rombongan justru menyiapkan transportasi lain untuk ke Pantai Tanjung Papuma. Yay!
Jarak Pantai Tanjung Papuma dari Pantai Watu Ulo tidak begitu jauh. Berkisar sekitar 1,5 kilometer saja. Namun, medan yang menanjak memaksa bus untuk berhenti di Pantai Watu Ulo. Jika wisatawan ingin ke Pantai Tanjung Papuma, bisa menyewa ojek dengan harga 10.000 rupiah. Pemandangan di sepanjang Watu Ulo dan Tanjung Papuma sangat memukau. Dikelilingi rimbunnya hutan hujan tropis dan akses jalan yang cukup bersahabat meski terdapat lubang di sana-sini menjadikan perjalanan terasa menyenangkan. Percayalah, keindahan pemandangan yang terbentang akan menghapus stres pikiran. Perjalanan menuju Tanjung Papuma mengingatkan saya akan pemandangan serupa di Pantai Selatan Malang, Pantai Prigi Trenggalek, dan Gunungkidul Jogja indah dengan kelokan-kelokan tajam.
Sampai di Pantai Tanjung Papuma, saya dihadapkan pada kenyataan yang juga saya dapatkan di sejumlah pantai lain. Yakni, meski dalam satu garis pantai yang sama, karakteristik pantai satu dengan yang lain berbeda. Jika Pantai Watu Ulo memiliki karakteristik pasir hitam dan terkesan tandus, maka Pantai Tanjung Papuma justru memiliki pasir putih yang bersih dengan air laut yang jernih. Belum lagi dengan rimbunnya pepohonan yang membuat wisatawan betah berlama-lama. Di Pantai Tanjung Papuma, juga terdapat sejumlah penginapan milik Perum Perhutani. Di sana juga terdapat fasilitas outbond dan bagi yang ingin menghabiskan malam dengan mendirikan tenda juga bisa. Di sepanjang pantai juga ada warung yang menyajikan menu makanan khas laut, ikan bakar dan es kelapa muda. Hanya, yang perlu diwaspadai, karena tergolong pantai Selatan dengan ombak yang cukup besar, ada baiknya anak-anak selalu dalam pengawasan orang tuanya.
Selain bisa berendam dan bermain air di tepi pantai, wisatawan juga bisa menyewa perahu dengan harga 15.000 perorang untuk berkeliling di seputar pantai. Atau, jika wisatawan hobi memancing, di tepi pantai juga bisa memancing ikan.  Pemandangan pantai yang bersih juga bisa diabadikan dari setiap spot yang ada. Nggak percaya? Datang aja ke Pantai Tanjung Papuma, Jember. Bebatuan yang menjulang semakin menambah eksotisme pemandangan yang memukau. Selamat berlibur.
Post a Comment