Sunday, July 20, 2014

Semanggi, Kuliner Legendaris Kota Surabaya

Surabaya dikenal sebagai pusat kuliner dengan sensasi pedas di lidah. Selain Rujak Cingur, Lontong Kupang, dan Lontong Balap, Surabaya juga punya kuliner legendaris yang masih ada hingga kini. Bahkan, saking legendarisnya, ada juga lagu bertajuk Semanggi Suroboyo :D. Sama, rasanya pedas dengan sensasi manis di ujung lidah. Namanya, Semanggi.

Semanggi lebih dikenal dengan sebutan Pecel Semanggi. Terbuat dari dedaunan semanggi, Pecel Semanggi memiliki cita rasa berbeda dengan jenis pecel lain yang ada. Hal ini lantaran bumbu Pecel Semanggi disajikan menggunakan campuran ketela, gula merah, dan kacang tanah. Sedangkan cabe ditambahkan sesuai permintaan pembeli.

Semanggi sendiri merupakan tanaman yang tumbuh liar di sekitar rerumputan. Bentuk daunnya terdiri dari empat sisi dengan besar yang sama. Meski liar, di Surabaya, tanaman ini dibudidayakan. Tepatnya dibdaerah Benowo, perbatasan Surabaya dan Gresik, semanggi dibudidayakan di lahan-lahan milik warga. Uniknya, hampir seluruh penjual Pecel Semanggi berasal dari daerah ini dan didominasi oleh wanita yang telah lanjut usia. Cara berdagangnya pun unik. Para penjual membawa keranjang bambu dengan selendang untuk menggendong. Mereka umumnya berangkat pagi bersama rekan sesama penjual dengan naik angkot menuju masing-masing tempat yang berbeda untuk selanjutnya berkeliling di tempat tersebut.

Pecel Semanggi sendiri disajikan dengan daun pisang pincuk. Selain daun semanggi yang direbus, kecambah rebus menjadi sayuran pelengkap sebelum disiram dengan bumbu ketela. Terakhir, Pecel Semanggi disajikan menggunakan kerupuk puli atau kerupuk yang terbuat dari beras. Fungsi kerupuk ini selain untuk penambah nafsu makan, juga sebagai sendok. Karena Pecel Semanggi tidak disajikan dengan sendok. Tertarik untuk memcicipinya? Pecel Semanggi biasa dijual sekitar 5.000-7.000 rupiah perporsi. Cukup bersahabat di kantong ya. Jadi, jika mampir ke Surabaya jangan lupa cicip Pecel Semanggi ya! Dijamin ketagihan, meski bentuk sajiannya tidak begitu indah :D.

Post a Comment