Sunday, November 16, 2014

Tepo Tahu, Kuliner Khas Magetan

Mampir ke kabupaten kecil di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, Magetan, tidak ada salahnya jika mencicip kuliner khasnya. Namanya Tepo Tahu.

September lalu, saat berkunjung ke sana, jajanan khas ini mampu membuat saya penasaran. Dari namanya, pastilah tidak jauh-jauh dari makanan olahan kedelai, tahu. Tapi, nama 'tepo' justru membuat saya bertanya, apa itu tepo?

Ternyata, tepo adalah lontong! Iya lontong! Beras yang dimasak dalam daun pisang, dibentuk prisma--bukan lonjong seperti lontong atau belah ketupat seperti kupat--dan dikukus selama berjam-jam. Jadi, Tepo Tahu adalah lontong tahu atau tahu lontong *dibolak-balik sama ajeu:))*

Tepo Tahu ini biasanya dijajankan pada malam hari, katanya sih begitu. Padahal di warung yang saya datangi, buka mulai pukul 9-21. Jajanan ini mulai langka. Isi dan bumbunya tidak jauh berbeda dengan Kupat Tahu, Tahu Tek, Tahu Telor, Tahu Gimbal, dan makanan olahan tahu lontong lainnya. Hanya, yang membuat berbeda adalah bumbu dan topingnya. Bumbunya terbuat dari kacang tanpa petis--fermentasi udang, ikan, atau yang lain--seperti khas Surabaya. Jadi, bumbunya terasa segar. Bumbunya juga baru dibuat perporsi seperti makanan olahan kebanyakan. Jika memesan bumbu pedas, cabai dihaluskan bersama bumbu kacang plus air. Sementara kacang utuh, tauge, dan daun seledri menjadi toping. Tepo disuguhkan dengan potongan-potongan kecil, telur orak-arik yang dicampur dengan potongan tahu dan tempe, lalu disiram bumbu, diberi bawang goreng, kacang goreng, tauge, daun seledri, dan terakhir kecap manis. Nyam! Rasanya manis--mirip kuliner Jawa Tengah yang rasanya manis--bercampur pedas *iyalah pesennya pedas banget:))*

Gegara penasaran dengan namanya, saya yang semula berniat tidak makan malam, jadi mencicip jajanan ini. No more diet for today. Hahaha!

Btw, harga perporsinya murah. Tidak sampai 10.000 rupiah. Letak warung Tepo Tahu yang legendaris ada di depan Pegadaian Jalan Pahlawan, Tepo Tahu Mbah Sudir. Jadi, jangan lupa mencicip Tepo Tahu kalau mampir ke Magetan. Dijamin nagih!

Post a Comment