Friday, February 20, 2015

Wisata Murah Pantai Dalegan


Rame 
Gresik punya apa, sih?

Setidaknya itu pertanyaan yang muncul dalam pikiran saya ketika ingin bermain ke Gresik. Sama sekali tidak tahu di sana ada apa selain Makam Sunan Giri, salah satu Walisongo. 

Gresik panas. Kota industri. Sama seperti Surabaya.


Ternyata, Gresik punya pantai selain di Pulau Bawean. Namanya Pantai Dalegan. Saya pernah ke sana tiga tahun lalu. Lalu kembali ke sana saat libur Imlek, kemarin. Sebenarnya, tujuan awal dari keisengan kali ini adalah Bukit Jamur alias lokasi penambangan kapur yang menyisakan bangunan seperti jamur raksasa. Tapi tutup. 

Berani kotor itu baik

Sewa ban asal selamat
 
Nggak mau sia-sia karena nyasar nyaris ke Lamongan, saya dan Laila memilih untuk pergi ke Pantai Dalegan. 

Pantai Dalegan berada di Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Letaknya dekat dengan Paciran, Lamongan. Satu arah dengan Wisata Bahari Lamongan. Untuk masuk ke Pantai Dalegan, pengunjung dikenakan biaya 6.000 rupiah dan 2.500 rupiah untuk parkir.

Main layang-layang di tepi pantai

Tak jauh dari Surabaya, pantai utara ini seharusnya menarik. Pasirnya putih, anginnya semilir. Beruntung siang itu tidak hujan. Hanya mendung sepanjang waktu. Sayang, polusi harus mampir ke wilayah pesisir. Akibatnya, air laut tak lagi jernih alias berwarna cokelat.
 
Pada dasarnya, saya hanya butuh tempat menyepi sambil—rasan-rasan:p—bercerita. Jadi, pemandangan air laut yang kecokelatan pun tak masalah. 


Bisa main pasir

Pantai Dalegan kala libur ramai sekali. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan keluarga jika tengah berlibur di sana. Mulai bermain air, pasir, layang-layang, hingga menggelar tikar sekadar menyaksikan hiruk pikuk pengunjung dari tepian. 

Persewaan ban (10.000 rupiah) dan layang-layang (5.000 rupiah) banyak dijajakan di tepi pantai. Banyak warung makan juga laiknya pantai pada umumnya. 

Dekat Surabaya bukan berarti nggak boleh eksis :p
 
Wisata singkat ke Pantai Dalegan rasanya bisa menjadi alternatif pilihan. Apalagi jaraknya tak jauh dari kota Surabaya. Jika singgah ke Pantai Dalegan, jangan lupa mencoba Es Dawet Siwalan. Rasanya segar di tengah cuaca pantai yang biasanya terik. Harganya hanya 5.000 rupiah pergelas. Lalu, saat akan berkemas, sempatkan mencicipi kuliner khas Gresik. Nasi Krawu, namanya. Harganya berkisar antara 9.000-15.000 rupiah perporsi. 

Gresik bisa menjadi alternatif pilihan liburan. Sudah dekat, hemat pula.

Nasi Krawu berisi babat, daging suwir, serundeng kelapa
Post a Comment