Thursday, July 23, 2015

Piknik Hemat di Selecta Batu


Kota Batu. Saya mengenalnya sejak masih balita, atau bisa saja sejak bayi. Betapa tidak, hampir setiap tahun saya pasti mampir ke Batu untuk berkunjung ke rumah saudara. Kalau pun enggak, saya pasti iseng hore-hore main ke kota kecil yang mirip dengan puncak Bogor. 

Udaranya sejuk dan dingin. Dulu, nggak pernah ada kata macet di sini. Tapi sekarang jangan ditanya. Kami hampir selalu cemas setiap berliburan ke Batu. Bukan apa-apa, macetnya nggak kira-kira. Makanya, kami memilih untuk pulang malam. Paling nggak, macetnya sedikit terurai. Pernah, kami pulang pukul 7 malam dari rumah saudara dan baru sampai Surabaya tepat pukul 3 dini hari saking nggak geraknya mobil di jalanan. Ngok.

Lebaran kemarin, kami berlibur ke Batu seperti biasa. Seperti biasa juga, kami mampir ke tempat wisata. Kali ini kami memilih untuk bermain ke Selecta. Alasannya, rerata dari anggota keluarga sudah belasan tahun nggak mampir. Apalagi Tita juga belum pernah tahu wajah Selecta, tempat wisata masa kecil kami. Wajar kami rindu. Penasaran seperti apa metamorfosanya.


Jalanan menuju Selecta ada dua jalur. Bisa melalui Kota Batu, bisa juga melalui Karangploso lanjut ke Bumiaji, Batu. Saya sarankan, pilih jalur kedua. Satu, pemandangannya kece karena naik turun gunung dan berliku. Dua, relatif sepi. Sebabnya, banyak sekali wisatawan yang memilih jalur Kota Batu untuk ke tempat wisata. Pasti macet.

Selecta merupakan tempat menghabiskan waktu yang dulu sering sekali kami pilih selain Songgoriti, Sengkaling, Tlogo Mas, dan beberapa tempat wisata jadul yang saya sudah lupa bentuknya seperti apa. Jauh sebelum ada Jatim Park Group yang kini menggurita. Dulu, di sini hanya ada kolam renang satu dan taman untuk menggelar tikar, piknik murah meriah. Terakhir saya ke Selecta saat kelas lima SD usia 10 tahun di momen darma wisata.
  



Sekarang, masih sama. Nggak banyak berubah. Hanya bertambah kolam renang, kebun bunga, dan aneka permainan murah meriah. Tiket masuknya hanya 25 ribu rupiah (dewasa) dan 15 ribu rupiah (anak-anak) bisa gegoleran sepuasnya. Untuk aneka permainan seperti ayunan raksasa, sepeda angin, kuda, dan bebek air dibanderol mulai 10 ribu rupiah saja. Yang paling asyik, di Selecta bisa banget bawa makanan. Beda dengan Jatim Park Group yang mau masuk harus diperiksa macam-macam. Di Selecta juga ada taman bunga aneka rupa yang bisa digunakan untuk foto-foto.


Overall, Selecta ini tempat wisata kece dan murah banget. Saat Jatim Park Group membanderol harga mihil dan penuh sesak,  Selecta masih adem ayem dengan keasriannya. Bisa banget buat wisata keluarga karena fasilitasnya bersih dan nyaman.
Post a Comment