Sunday, August 30, 2015

Pulau Kanawa: Pulau Cantik di Flores Barat



Selamat datang di Kanawa!

Bersandar

Katakanlah, jika semakin ke timur Indonesia, maka pemandangan lautnya semakin cantik. Begitu pulalah yang ada di perairan Flores. Tepatnya di Pulau Kanawa. Pulau ini sangat populer dengan kecantikan alamnya. Jernihnya air laut dan yang bertebaran dimana-mana. Asyiknya, di Pulau Kanawa bisa digunakan sebagai tempat belajar renang atau pun snorkling karena pantainya landai. Mirip dengan Pulau Sebayur. Bedanya, Kanawa sangat amat landai. Hampir tidak bisa ditemukan ikan di tepian. Hanya beberapa ikan berwarna putih dan bintang laut yang tampak.


Jernih

Purple tree

Sila leyeh-leyeh

Fyi, Kanawa berbeda dengan Kenawa ya. Kalau Kanawa ada di Flores, sementara Kenawa ada di Sumbawa. 

Kanawa sendiri merupakan pulau kecil yang terletak tak jauh dari Labuan Bajo. Hanya sekira satu jam perjalanan laut, bergantung pada jenis kapal yang digunakan. Semakin besar kapal, semakin lama waktu perjalanan. Ombak di sekitar perairan Kanawa lebih bersahabat dibandingkan di dekat Pulau Padar. Sehingga perjalanan laut lebih santai dan menyenangkan.

Pulau Kanawa ini merupakan pulau komersil alias sudah disewa. Pengelolanya tentu saja warga negara asing. Beberapa penginapan berbentuk rumah kecil berbahan kekayuan disewakan lengkap dengan hammock. Di sekitar penginapan cukup teduh, banyak pepohonan.

Kala itu, kami datang ke Kanawa saat hari sudah mulai panas. Matahari sedang terik. Tapi di situlah seninya. Air laut tampak cantik tanpa bersolek. Hijau kebiruan hingga biru. Pasir putih lembut melenakan kaki. Awan dan kepungan pulau di sekitar menambah eksotis Kanawa. Pepohonan di tepian pantai memberikan nuansa teduh bagi kami, para pengunjung. Wajar saja Kanawa ramai, karena memang kawaii!

For rent 
Masih kurang keren? 

Amboi nian! 

Meski siang amat terik, Kanawa kala itu amat ramai. Banyak kelompok trip turis lokal maupun asing bercampur. Ada juga yang family trip bareng keluarga kecilnya. Nah, ini yang bikin mupeng:)).

Tak banyak yang kami lakukan di sana selain snorkling dan main potret. Tapi tentu, mata adalah kamera tercanggih dengan megapiksel terbesar di dunia. Ada banyak hal yang tidak bisa diabadikan dengan kamera biasa saking kerennya pemandangan. Di sini perlu disadari kalau pesona Indonesia tiada dua.

Family trip

Bintang laut

Ikan putih
 
Kanawa menawarkan pemandangan yang tidak biasa. Ini juga bisa dinikmati dengan treking sekira 15-20 menit saja. Pemandangan apik Kanawa akan tersaji di depan mata. Gersangnya rerumputan bercampur satu-dua pepohonan ditemani angin semilir membikin teduh suasana. Perlu dicoba menghabiskan banyak waktu di sini. Bersantai di pantai yang meski ramai tetapi masih terhitung sepi.


Dari atas bukit

Kering gersang
Post a Comment