Tuesday, August 18, 2015

Tips Packing Ringkas

Hari gini traveling semacam sudah menjadi candu ya. Tapi, cek dulu, apakah gaya packing kalian sudah benar? Jangan-jangan selama ini kalian masih terlalu banyak membawa baju saat traveling. Padahal sebenarnya nggak butuh amat. Ini tips packing ringkas dari saya. Namanya juga ringkas, jadi seadanya, seringkasnya :)).

1. Pastikan jumlah baju yang dibawa
Kalian mau pergi berapa hari? Mau ganti baju berapa jam sekali. Ini penting untuk menghemat ruang dalam tas yang bakal kalian bawa. Semisal saya, untuk pergi selama empat hari, saya hanya membawa tiga baju ganti dan satu baju yang dipakai. Di tengah-tengah hari bisa cuci baju kalau dirasa kurang. Sebisa mungkin bawa baju berbahan tipis saja. Kalau saya lebih suka bawa kaus, lebih nyaman.

Untuk celana, bepergian selama empat hari, saya membawa dua celana bahan (satu buat tidur, satu lainnya untuk snorkling) dan satu celana kain yang dipakai di luar kedua waktu di atas.

2. Gulung pakaian 
Gulung pakaian dengan erat atau ikat dengan pita/ tali/ karet. Ini untuk memberi lebih banyak ruang kosong di dalam backpack. Lebih bagus lagi kalau dipisahkan antara kaus dan celana di dalam kantung tas yang berbeda.


 Hemat ruang tas

 3. Pisahkan printilan kecil di dalam tas lain
Perlengkapan mandi (yang sudah distok dalam botol kecil-kecil. Mis: sabun cair dalam botol 15 mL), pakaian dalam, mukena, dan charger aneka rupa adalah benda printilan yang nggak boleh ditinggalkan kala traveling. Untuk itu pisahkan keempat printilan penting dalam tas kecil berbeda-beda. Untuk pakaian dalam, jangan lupa digulung juga ya. Memisahkan printilan kecil nan wajib akan memudahkan kalian saat berkemas dan mudah mencari barang saat dibutuhkan.

Wajib: mukena, charger, pakaian dalam, dan perlengkapan mandi

4. Packing
Packing dengan ringkas. Pertama, pakaian yang sudah digulung dimasukkan ke dalam backpack dan dimampatkan. Kemudian di bagian atas, tas printilan kecil menyusul dipacking. Susunan tas kecil disusun berdasarkan prioritas yang paling sering digunakan. Misalkan mukena letakkan di bagian paling atas dekat resleting. Jangan sekali-sekali meletakkan dompet di dalam backpack karena akan sulit mengambilnya.
   
Packing singkat dan ringkas
5. Bepergian nyaman
 Bepergian nyaman bisa kalian dapatkan jika packing dengan cara ringkas di atas kalian coba. Simpel dan pasaran ya, tapi itu membantu selama saya keluyuran, sih :)). Hasilnya, barang bawaan saya seperti ini.

Ringkas
Post a Comment