Tuesday, May 10, 2016

Lezatnya Oling Kuah Pedas Khas Banyuwangi



Kurang lengkap rasanya kalau jalan-jalan nggak mampir buat wisata kuliner. Nah, di Banyuwangi ada satu kuliner unik yang tempatnya rekomen banget. Namanya, Pondok Indah Resto yang ada di Desa Paspan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Tempatnya ada di tengah hutan di jalan menuju Kawah Ijen.



Kali pertama masuk tempat ini langsung semringah. Beneran hutan dengan dekorasi interior kekayuan yang homey. Banyak menu yang disajikan dengan harga ramah di kantong.

Sebelum seperti sekarang, dulunya, resto ini identik dengan tempat mesum pasangan-pasangan. Tapi, ketika dibuka kembali dengan konsep berbeda pada 2013, resto ini justru menyuguhkan keunikan lain.



Berkonsep family resto, untuk mencicipi menu yang ada, harus banget reservasi sebelumnya. Ini dilakukan agar pelanggan nggak ngerasa terlalu lama menunggu makanan dimasak. Lalu, dilarang datang berdua, agar kesan mesum tidak kembali timbul.



Salah satu menu andalan yang saya coba adalah Oling Kuah Pedas, Nasi Bakar Pedo, dan Green Diamond Lime.

Oling adalah sejenis belut, karnivora, dengan ukuran tubuh yang lebih besar dan banyak ditemukan di perairan tawar. Oling banyak ditemukan di Banyuwangi. Kuah pedas yang disajikan merupakan kuah santan yang (nggak terlalu) pedas. Lalu Nasi Bakar Pedo adalah nasi bakar diisi dengan ikan asin (yang sumprit asin banget buat saya). Sedangkan Green Diamond Lime adalah campuran mentimun, jeruk, sirup jeruk, dan es yang seger geela~~.





Dari makanan yang disajikan, saya paling cocok dengan Oling Kuah Pedas. Rasanya pas antara manis, gurih, dan pedas meski nggak begitu pedas. Cita rasa pedas menonjolkan kuliner khas Jawa Timur.

Jadi, sempetin yaa kalau ke Banyuwangi mampir ke Pondok Indah Resto. Harganya murah, rasanya mayan kok.
Post a Comment