Tuesday, May 10, 2016

Seru-seruan di Air Terjun Mbah Ijah Banyuwangi



Banyuwangi punya buanyak banget tempat wisata. Tapi ada satu tempat wisata yang belum banyak dieksplor. Namanya Air Terjun Mbah Ijah atau biasa disebut Air Terjun Jagir.

Bertempat di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, obyek wisata tersebut belum se-happening wana wisata lain yang ada. Tapi tak banyak informasi bisa dikorek di air terjun yang sepi dari pengunjung itu.



Salah seorang warga sekitar bertutur, nama Air Terjun Mbah Ijah diperoleh dari seorang nenek yang membabat alas di daerah Kampung Anyar. Salah satu yang beliau lakukan adalah menjaga dua aliran air terjun yang saling berdekatan. Lalu ketika beliau meninggal, air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Mbah Ijah sebagai bentuk penghormatan terakhir baginya. Makamnya tepat berada di sisi rumah warga yang saya tanya tadi--yang ternyata adalah keturunan kesekian Mbah Ijah. Jangan tanya nama Jagir darimana karena mas-mas ini juga nggak tahu muasalnya.



Dari Karanganyar, untuk turun ke air terjun cukup berjalan kaki sepuluh menit. Pendek banget tracknya. Di situ, pengunjung bisa main air dan foto-foto karena aliran airnya dangkal.



Tidak ada tiket masuk di Air Terjun Mbah Ijah kecuali beaya parkir. Paling cocok berkunjung saat nggak hari libur karena kayak kolam pemandian pribadi. Selamat berlibur!

Post a Comment