Tuesday, February 14, 2017

Pesona Pantai Apparalang Bulukumba yang Memanjakan Mata


Pantai Apparalang Bulukumba

Di ujung paling selatan Sulawesi Selatan, Kabupaten Bulukumba berada. Letaknya tidak sepelemparan batu dari Makassar. Butuh waktu sekira 5-6 jam perjalanan untuk sampai di Bulukumba. Wilayah paling ujung ini dikelilingi oleh pantai-pantai cantik nan menawan hati. Salah satunya adalah Pantai Apparalang.

Apparalang cliff

Pantai Apparalang terletak tak jauh dari Pantai yang amat tenar di Bulukumba, yaitu Tanjung Bira. Sekira 20 menit saja waktu tempuhnya dari Tanjung Bira. Memang, Pantai Apparalang tidak sepopuler Tanjung Bira. Pantai ini pun baru dibuka pada 2014 lalu atas inisiatif warga Desa Ara, Bontobahari, Bulukumba. Makanya, ramai di media sosial juga baru 2-3 tahun terakhir.

Mejeng. Credit to: Icha

Kecantikan Pantai Apparalang sangat berbeda dengan Tanjung Bira. Sebab, Pantai Apparalang dikelilingi bebatuan karang yang amat menjulang. Airnya bening biru kehijauan menenangkan siapa saja yang melihatnya. Pengunjung yang datang ke sini bisa banget snorkling jika air laut sedang jinak. Sebab, pernah ada  pengunjung yang berenang di saat ombak tinggi. Bagaimanapun, Pantai Apparalang masih masuk pantai selatan. Kadang diam, kadang ganas.

Bening!

Cuaca di pantai Apparalang ini puanasnya masyaallah. Jadi saya sarankan kalian membawa topi, memakai sunblock, dan pakaian lengan panjang yaa. Jangan kayak saya, pakai pakaian lengan panjang tapi nggak pakai sunblock. Gosong di wajah! :)))

Fasilitas di Pantai Apparalang cukup lengkap. Tempat parkir, toilet, dan penjual makanan. Ada juga yang menawarkan snorkel buat kalian yang memang ngebet main air. Tiket masuk yang dipatok juga nggak mahal amat kok. Cuma 3 ribu rupiah perorang. Murah meriah.

Jernih! Credit to: Ciprut

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa menggunakan angkot (serupa elf) untuk mencapai Pantai Apparalang dari Makassar. Tapi, angkot hanya stand by maksimal pukul 3 sore. Jalanan menuju dan dari Bulukumba via Janeponto dikabarkan rawan begal. Jadi, amat disarankan menggunakan kendaraan pribadi dan maksimal melewati Janeponto pukul 7 malam.

Ciprut

Ngeliat cantiknya Pantai Apparalang gitu, tertarik nggak buat mampir? Saya, sih, masih amat pengen balik ke sana lagi. Yang nyantai, yang nggak diburu-buru waktu, dan yang nggak bikin pinggang remuk gegara perjalanan empat hari duduk di elf! :)))

Post a Comment