Tuesday, April 25, 2017

Berburu Jajanan Murah di Bugis Street



Singapura nggak melulu identik dengan jajanan atau oleh-oleh mahal. Soalnya, ada beberapa pusat perdagangan yang merupakan tempat jual beli jajanan dan oleh-oleh dengan harga murah meriah. Ada Bugis Street, Mustafa Centre di Little India, atau di China Town. Yang dijual ya 11-12, cuma tempatnya nggak berdekatan. Harganya pun 11-12 nggak persis sama.

Nah, karena saya cuma efektif jalan-jalan di Singapura selama enam jam, maka pilihan saya jatuh pada Bugis Street dengan pertimbangan lebih dekat dari Gardens by the Bay yang kalau naik MRT nggak memakan waktu lama. Pertimbangan kedua, karena dari ketiga pusat belanja tersebut, Bugis Street yang paling ramah di kantong backpacker gembel macam saya. The more saving, the more things you got *licik*



Dari MRT station Bayfront di dekat Gardens by the Bay kamu perlu naik MRT jalur biru turun ke Bugis. Nah, dari MRT Bugis kamu tinggal jalan kaki melewati Bugis Junction dan temukan Bugis Street. Akan ada plakat besar yang menunjukkan kamu sudah tiba di pusat perbelanjaan murah meriah.

Begitu tiba di ujung Bugis Street, aroma jajanan murah meriah akan tercium. Saya yang pemurah (penyuka barang murah) ini pun langsung jelalatan beli jus aneka warna. Dibanderol $1 pergelas (rate: $1 = IDR 9600).



Masuk sedikit, akan ada banyak barang murah yang dijual. Mulai cokelat (I do looove this!), pernik-pernik, kaos, baju, buah-buahan, sampai barang-barang remeh yang-saya-pikir-ngapain-dijual.

Kalau kalian jalan luruuuus terus, lalu belok kiri, ada toko ABC yang jual cokelat cuma $1 aja! Yaa Allaaah, ini surga banget. Banyak cokelat ukuran besar, tanggung, kecil aneka merek yang dijual cuma $1. Dijamin kalap! Tapi, karena saya bawa polisi, maka dibatasin belanja cuma $10 means 10 biji cokelat yang kalau dibawa udah berat banget.





Kalau mau beli oleh-oleh kaus atau gantungan kunci cukup murah di sini. Kaus bahan saringan tahu dijual $10 dapat empat buah. Kaus yang bagusan dikit sebiji dihargai $10. Kalau gantungan kunci $10 bisa dapat 24 buah. Sedangkan kalau magnet $10 dapat lima buah.

Nah, karena lapar, habis belanja, kami memutuskan untuk menuju bagian belakang pertokoan Bugis Street. Di situ jual makanan halal aja. Mulai Mee, Rujak, jajanan India, Arab, Indonesia, yang lumayan di lidah. Harganya mulai $3 saja.



Saya pesan Mee dan Rujak yang dimakan bareng-bareng. Rujaknya beda dengan di Indonesia, karena isinya ada tofu, sotong, udang, dan makanan olahan yang diiris pakai mentimun lalu dikasih bumbu kari buat dicelup-celup. Lebih enak rasanya dibandingkan Mee yang saya pesan.





Oh yaa, di pertokoan Muslim ini, semua penjual lelakinya akan menutup lapak begitu mendekati waktu salat Jumat. Suami dan saya yang sedang mengantre pun kena pernyataan, "Anda Muslim? Ini Jumat, saya harus ke Masjid."

Keren, kan?



Kalau menurut saya, Bugis Street rekomen buat jujukan belanja meski Mustafa dan Little India belum pernah saya datangi. Nanti, kalau ada kesempatan lagi, bolehlah dibandingkan hasilnya.
Post a Comment