City tour: Masjid Cheng Hoo


Dari Monkasel dan masih berbekal peta dari HoS, kami beranjak ke Masjid Cheng Hoo. Terletak tak jauh dari Monkasel (sekitar 5 menit dengan motor) Masjid Cheng Hoo adalah masjid yang didirikan untuk mengenang jasa Laksamana Cheng Hoo yang memeluk Islam saat masuk ke kerajaan Majapahit.
Arsitektur masjid ini cukup menarilk di mana terdapat perpaduan budaya Islam, Cina, dan Jawa. Hal ini terlihat dari dominasi warna hijau, kuning, merah, dan emas. Selain itu, perpaduan arsitektur tampak dari bangunan khas Cina yang diselipi Joglo Jawa. Konon, ini menunjukkan bahwa hubungan budaya Cina dan Jawa cukup erat dari zaman dulu.
Kini, masih di lokasi Masjid Cheng Hoo terdapat Gedung Serba Guna (GSG) olahraga yang biasa digunakan klub maupun perorangan untuk olahraga. Di dinding GSG terdapat perjanjian yang ditulis dalam tiga bahasa; Bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin. Berikut ini, dokumentasi pribadi di Masjid Cheng Hoo.






Comments

Dani said…
Mau bnget kesana.
Selamat deh. :).
Ksh twu rute angkutannya cba donk mbak :)
Atiqoh Hasan said…
yaaah, nggak tahu kalau angkot woo.. naik motor aja coba. tau hi tech kan? setelah hi tech di sisi kiri ada pom bensin lewat situ udah deket kok :D

Popular posts from this blog

Pengalaman Menginap di Bandara Changi Singapura

Pengalaman Pesan Hotel One Night Stand di Bali

10 Makanan Khas Belitung yang Wajib Kamu Coba