Makanan Khas Negara ASEAN Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu tujuan berwisata ke negara lain adalah mencicipi makan khas yang ada di negara tersebut. Rasanya wisata belum lengkap jika belum mencoba wisata kuliner karena setiap negara pastinya memiliki sesuatu yang khas, meski terkadang hampir mirip dengan negara lainnya.

Jika kamu sedang merencanakan liburan ke negara wilayah ASEAN, makanan berikut wajib kamu coba ya:

1. Nasi Lemak (Malaysia)

sumber : latimes.com

Berkunjung ke Malaysia belum lengkap jika kamu belom mencicicpi nasi lemak yang fenomenal tersebut. Nasi yang sangat populer di seluruh penjuru dunia ini memiliki kombinasi rasa yang gurih sekaligus lauk yang kaya akan rempah. Nasi lemak ini mirip seperti nasi kebuli jika di Indonesia, bahan yang dibuat juga sama yakni campuran beras dengan santan. Yang membuat berbeda adalah lauk pendamping yang lengkap dan sambal yang khas.

2. Tom Yum Goong (Thailand)

sumber : laikatourist.com

Negeri Gajah Putih memiliki begitu banyak makanan khas yang harus kamu coba, salah satu makanan yang wajib kamu coba adalah Tom Yum Goong. Rasanya sudah tak perlu dijelaskan panjang lebar lagi ya tentang masakan ini, semua orang pasti sudah pernah dengar tentang tom yum. Meski sudah banyak gerai masakan Thailand di Indonesia, namun rasa dari tom yum goong di Thailand benar-benar jauh berbeda dari yang pernah kita coba. Jadi, jangan terlewat untuk mencicipinya ya.

3. Ambuyat (Brunei)

sumber : maksinwee.com

Mungkin belum banyak wisatawan Indonesia yang memilih Brunei sebagai destinasi liburan, padahal jarak negara yang terletak di ujung Kalimantan ini cukup dekat, lho. Dengan maskapai Royal Brunei kamu juga bisa langsung menuju ke sana. Apalagi Royal Brunei juga sering mengadakan promo harga tiket. Jika kamu berkunjung ke sana, sempatkan untuk mencicipi Ambuyat ya. Ambuyat ini adalah sagu yang disajikan dengan lauk lengkap. Cara memakannya pun cukup unik. Yakni menggunakan garpu dan kemudian dicelupkan ke berbagai varian saus khas Brunei. Tertarik? Segera cek tiket Royal Brunei dan langsung berlibur ke sana ya.

4. Lahpet (Myanmar)

sumber : reallygoodwriter.com

Siapa yang tak ngiler jika disuguhi masakan Myanmar yang terkenal akan rasa gurih dan kaya bumbunya? Pastinya kamu juga harus mencoba lahpet, sebuah salad daun teh yang telah difermentasi dan memiliki rasa unik. Biasanya Lahpet disajikan di sebuah wadah dengan berbagai lauk kering nan gurih di sekelilingnya.


5. Banh Mhi (Vietnam)

sumber : vietnamtravel.guide

Banh Mhi adalah roti khas Vietnam yang memiliki rasa luar biasa enak. Meski terkadang penampilannya kurang menggugah selera, namun roti ini adalah makanan terenak yang ada di Vietnam, lho. Memiliki isi kurang lebih sama dengan sandwich lain, yang membedakan Banh Mhi adalah rotinya yang mirip dengan baguette.

6. Adobo (Filipina)

sumber : dunyanews.tv

Kamu dijamin akan langsung lapar jika melihat penampakan makanan satu ini. Terbuat dari daging ayam ataupun sapi, Adobo merupakan makanan khas Filipina yang dimasak dengan cuka, kecap, dan daun salam yang membuat rasanya semakin gurih dan mantap.

Itu dia beberapa makanan khas negara ASEAN yang harus kalian cicipi ketika berlibur ke negaranya. Kalau masakan favoritmu yang mana nih, guys?

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menginap di Bandara Changi Singapura

Pengalaman Pesan Hotel One Night Stand di Bali

10 Makanan Khas Belitung yang Wajib Kamu Coba