Wednesday, July 25, 2018

Hotel Freas: Penginapan Murah, Nyaman, dan Bersih di Pulau Rote

Ini lo hotel di Rote

Jangan pernah berpikiran bahwa yang namanya hotel harus berbintang. Harus memiliki beberapa tingkat. Harus ini dan haru begitu. Jangan.

Soalnya, yang namanya hotel di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, sama sekali tidak mencerminkan kalau itu hotel. Nggak percaya?

Mirip kos-kosan ya?

Buktinya, ada tiga hotel yang kami sambangi dan semuanya nggak lebih dari serupa dengan kamar kos. Hanya kamar-kamar yang langsung menghadap ke jalan.

Begitulah. Penginapan di Rote memang sangat sederhana sekali. Makanya, ketika saya bertanya pada penduduk lokal letak hotel, seketika tercekat. Serius, hotelnya begitu doang?

Begini doang?

Ya namanya juga maunya murah dan dekat dengan pelabuhan serta pusat kota, harus terima konsekuensinya dong. Toh, meskipun terkesan remeh dan mirip kamar kos, yang punya amat sangat ramah.

Kamarnya sederhana. Kipas angin pake macet segala :))

Kamar mandinya bersih meski kecil

Kalau kalian nggak pengen tidur di tempat yang murah meriah, bisa banget loh menginap di hotel beneran yang bener-bener hotel. Tapi jaraknya jauh bener dari pelabuhan atau pusat kota. Sekira sejam perjalanan gitulah. Persisnya ada di Rote Barat, di deretan Pantai Nembrala yang jadi tempat syuting film Kulari ke Pantai. Kalau kami, sih, males kalau harus diburu-buru waktu keberangkatan kapal mengingat jaraknya jauh.

Lagian, meskipun harga penginapan murah, fasilitas standar, tapi tempatnya bersih kok. Nggak kumuh kayak hotel melati *kayak pernah masuk kamar melati aja, Coy :))*

Murahlah ya...

Rate harga yang cukup terjangkau, mulai 100 ribuan aja (udah dapat air mineral juga), jadi pertimbangan kami buat sekadar nyenderin punggung. Lumayan kok, meski dalam kondisi hamil 4 bulan kala itu, kasurnya masih nyaman buat ditempatin.

Tapi kembali lagi soal pilihan ya.

Oh ya, saya menginap d Penginapan Freas. Dekat sekali dengan pelabuhan, pertokoan, masjid, dan tentunya pusat kota Ba'a. Selain Freas, ada Hotel Ricky yang ada di depan pelabuhan pas, dan Hotel Grace yang ada di sekitar pertokoan. Ratenya? Sama aja. Mulai 100 ribuian semua. Kalau mau sewa motor juga bisa kok di ketiga penginapa itu. Harganya 100 ribuan sehari. Jangan sewa ke tukang ojek ya, mahal cuy.

Hotel Grace di antara pertokoan di Ba'a

BTW, pas ke sana, Hotel Ricky dan Freas lagi sama-sama sedang direnov, kayaknya mereka mulai mencium Rote bakal terkenal. Makanya nyiapin banyak kamar lagi.

Rote memang bagus, sih, walaupun jadi pulau terluar Indonesia.

Pusat kota Ba'a

No comments: