Benteng Pendem, Saksi Sejarah yang Miskin Informasi

Benteng pendem dari Teluk Penyu

Akhir pekan kemarin, saya dan keluarga iseng jalan-jalan ke Benteng Pendem. Mumpung lagi nganterin suami pulang, sekali dayunglah ya.

Sebenarnya, saya enggak niat-niat banget buat masuk ke sini. Tapi, karena sekali jalan dari Teluk Penyu (yang juga enggak niat-niat banget didatengin) yawislah sekalian aja.

Anaknya pulang kampung...

Benteng Pendem sesuai namanya adalah benteng yang dulunya terpendam. Namun, Pemkab Cilacap menemukan keberadaannya tahun 1986 dan memutuskan untuk membuat lokasi tersebut sebagai wisata sejarah.

Benteng dikelilingi parit

Berdasarkan hasil skimming, saya menemukan fakta bahwa benteng ini dulunya adalah peninggalan Belanda. Dibangun pada tahun 1861 hingga 1879 dan difungsikan sebagai benteng pertahanan tentara Hindia Belanda. Namun, ketika perang melawan Jepang pada 1942 benteng tersebut jatuh ke tangan Jepang dan ditinggalkan tiga tahun setelahnya. Lantaran kala itu Nagasaki dan Hiroshima dibom oleh sekutu membuat Jepang menarik seluruh pasukannya untuk pulang.

Ruang senjata

Sangat logis kenapa Benteng Pendem menjadi benteng pertahanan. Karena letaknya yang strategis dekat dengan laut maka memungkinkan bagi tentara untuk mengintai dan melakukan penyerangan terhadap musuh dari ruang pengintai.

Ruang administrasi

Ruang klinik

Sayang seribu sayang, ketika saya datang, tidak ada informasi sama sekali di benteng itu.

Bayangkan, wisata sejarah tanpa secuil informasi apa gunanya? Nggak ada. Paling juga jadi ajang foto-foto aja.

Jadi foto-foto aja kek begini

Di depan loket, hanya terpampang biaya masuk perorang sebesar 7,500 rupiah. Lalu mengikuti arah panah jalan masuk, saya hanya menemukan sisa bangunan dengan tulisan Ruang Barak, Ruang Penjara, Ruang Senjata, Ruang Administrasi, Ruang Klinik, dan sebagainya. Hanya penanda jika bangunan tersebut dulunya difungsikan sebagai tempat yang demikian. Tidak ada detail informasi apapun yang bisa mencerdaskan pemahaman pengunjung seperti saya.

Well, di lokasi benteng selain terkesan nggak terawat tanpa informasi apapun, juga ada permainan anak-anak yang... sama-sama nggak terawatnya. Jadi mikir, ini uang masuk apa cuma dipakai buat bayar karyawan aja?

Ruang penjara jongkok

Ruang senjata

Jadi ya, monmaap, pengetahuan saya receh banget soal benteng ini:))).

Tapi, kalau kalian mau wisata sejarah dengan pemahaman yang sama recehnya dengan saya, yaa monggo datang ke Benteng Pendem kalau mampir ke Cilacap. Saya, sih, ogah mampir lagi:)).

Meskipun langitnya bagus, ogah kembali ke sini lagi:))

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menginap di Bandara Changi Singapura

Pengalaman Pesan Hotel One Night Stand di Bali

10 Makanan Khas Belitung yang Wajib Kamu Coba