Thursday, November 22, 2018

Mudahnya Membuat Paspor untuk Bayi

ULP Graha Pena Surabaya

Berbekal iseng dan rencana dadakan, saya dan suami sepakat membuat paspor untuk Elif. Pun dia masih belum setahun. Siapa tahu bisa jalan-jalan ke luar negeri sering-sering. Amin!

Sekarang pembuatan paspor menggunakan antrean online melalui aplikasi immi seminggu sebelumnya. Saya pun menyiapkan hari untuk pembuatan paspor Elif. Pilihan pembuatan paspor di Surabaya ada di Kanim I Waru, Kanim I Tanjung Perak, dan ULP Graha Pena. Saya pilih Graha Pena karena dekat dengan kantor dan rumah.

Nah, karena menggunakan antrean online, maka pelayanan paspor pun sangat mudah. Antrean nggak mirip zaman saya bikin paspor dulu. Sekarang cukup scan barcode, duduk manis isi form sambil nunggu nomor dipanggil. Jempol dua untuk imigrasi!

Makanya, saat mengantre Elif nyaman sekali ngepel lantai. Nggak berasa lama. Oh ya, wajib banget sebelum antre sudah menyiapkan berkas-berkas ini yaa:

1. Akta kelahiran anak (asli + fotokopi)
2. Kartu keluarga (asli + fotokopi)
3. KTP kedua orang tua (asli + fotokopi)
4. Akta nikah orang tua (asli + fotokopi)
5. Paspor kedua orang tua (asli + fotokopi)

Kalau sudah lengkap semua, siapkan materai satu buah untuk surat pernyataan. Dan tinggal nunggu antrean dipanggil untuk foto.

Berbeda dengan foto bagi anak-anak atau orang dewasa, foto paspor untuk bayi dipangku orang tuanya. Lumayan rumit soalnya Elif gerak-gerak terus nggak ngadep kamera. Jadi, begitu kena jepret, saya okein ajalah daripada kelamaan. Jadi hasilnya pun apa adanya:)).

Foto apa adanya:))

Setelah foto, orang tua akan diberi lembar untuk pembayaran sebanyak 355 ribu rupiah yang bisa dibayar di bank. Kalau sudah, paspor bisa diambil tiga hari setelah pembayaran. Gampaaang banget, kan?

Ayo bikin paspor untuk bayi. Biar semangat jalan-jalan ke luar negeri #tsah #plak #ngamendulu :))

Paspornya Elif!


1 comment:

Anonymous said...

I am really enjoying the theme/design of your web site. Do
you ever run into any web browser compatibility problems?
A handful of my blog readers have complained about my website not
working correctly in Explorer but looks great in Chrome.
Do you have any ideas to help fix this problem?