Posts

Showing posts from 2019

Prambanan Masih Menawan

Image
Prambanan
Kalau ditanya kapan terakhir kali ke Candi Prambanan, jawabnya enam tahun lalu. Saat saya belajar solo backpacking pertama kali. Saat pertama kali dapat cuti kerja dari kantor.

Lalu, April kemarin saya dan keluarga berkesempatan pergi ke Yogyakarta. Bukan tanpa alasan mengapa Yogyakarta jadi tujuan.

Yogyakarta bagi saya sangat memorable. Dulu, saya kerap ikut kantor ayah untuk family gathering. Saat masih SD. Maka, wajar bagi saya kalau ingin melepas rindu. Ke tempat yang pernah saya singgahi bersama keluarga.

Sayang, simas dan keluarganya nggak mau ikut. Syibuk terus alasannya. Jadi yang berangkat cuma orang tua, saya sekeluarga, dan kedua adik saya.


Bayi tantrum ketemu temen;))
Nah, salah satu tempat yang kami singgahi saat ke Yogyakarta adalah Candi Prambanan.

Dari terakhir kali saya ke sini, kayaknya enggak banyak perubahan. Yang jelas PR banget bawa anak tantrum ke tempat begini. Halamannya luas, panas juga. Tapi, masak iya, rencana jalan-jalan kendor gegara bayi tantr…

Airy Room Omah Anin: Guest House Seharga 17 Ribu Rupiah

Image
Airy Room
Sejujurnya, saya nggak ada niatan buat berlibur ke Batu akhir pekan lalu. Secara duit terkuras gegara beli tiket pesawat dadakan buat pulang dari Malaysia bulan kemarin. Makanya, saya ngerem banget pengeluaran bulan ini.

Tapiii, kok suami dapat promo kamar Airy Room seharga harga mie ayam. Dua kamar (di Surabaya dan Batu)m seharga 17.845 rupiah. Iya, 17 ribu rupiah doang perkamar. Ya sudah, kenapa nggak dicoba aja? Toh, saya belum pernah nyicip penginapan yang dijual perkamar begini. Karena sejujurnya, saya parno mikir kamar yang dilabeli Airy, OYO, Reddoorz, Nida, dan teman-temannya ini kamar dari hotel melati atau bahkan kos-kosan.

Dan tentu saja benar!

Happy!
Satu kamar Airy Room yang kami pesan ada di sekitar FK UNAIR. Dari awal kedatangan, saya sudah nggak nyaman dengan penginapannya. Agak horror dan lusuh. Sekira setengah jam saja saya ada di sana sebelum akhirnya bergegas pergi pulang ke rumah.

Kamar
Kamar mandi

Pengalaman dapat kamar horror membuat saya berpikir untuk…

Taman Kelinci: Alternatif Liburan di Kota Batu

Image
Taman Kelinci
Berwisata ke Kota Batubanyak banget alternatif wisatanya. Karena memang Batu disetting sebagai Kota Wisata. Bahkan, hal-hal remeh pun bisa jadi tempat wisata.

Salah satunya ya, Taman Kelinci yang ada di dekat Wisata Paralayang dan Omah Kayu.

Sebenarnya saya nggak tertarik buat main ke Taman Kelinci. Tapi terlanjur keprucut ngomong dan janji ke Elif, kalau kita akan ke Taman Kelinci. Ya, sudah, ditepati janjinya. Saya nggak mau Elif merasa di-PHP, karena saya tahu di-PHP itu pedih.

Apalagi kalau lagi sayang-sayangnya, sering kontak-kontakan, eh, ternyata cuma dianggap teman #EAAA :))))

Kelinci
Sebelum ke Taman Kelinci, ekspektasi saya adalah akan ada banyak kelinci yang dilepasliarkan di taman. Pengunjung bebas main-main dan kasih makan kelinci.

Ternyata benar!

Tapi cuma beberapa biji kelinci doang. Hadeeeeh. Ini, sih, kayak main-main sama kelinci tetangga.

Mana tiket masuknya mahal pula. 20ribu perorang dan anak di atas setahun bayar separoh. Nanti pengunjung bakal da…

Jalan-jalan ke Malaysia Bareng Bayi

Image
Petronas
Kalau ditanya gimana rasanya jalan-jalan ke Malaysia bareng bayi? Jawabannya, ya senang, ya bingung.

Senang karena sepanjang perjalanan Alhamdulillah Elif menikmati mengunjungi tempat-tempat baru. Enggak rewel sama sekali. Tapi giliran masuk jam makan, selalu bingung.

Sarapan
Sebenarnya saya dan Elif 11-12. Suka bingung sama makanan bersantan. Satu karena saya kurang suka masakan bersantan, kecuali lodeh. Dua karena masakan bersantan Malaysia kebanyakan pakai cabe. Elif mana bisa makan. Otomatis menu makanan yang saya pesan menyesuaikan.

Makanya, saya langsung ngeh, ketika hari ketiga di Malaysia Elif diare gegara salah makan dan terbawa sampai ke Surabaya.

Mee Mamak di KLCC
Tapi sebenarnya agak-agak lucu, sih, kalau ngomongin makanan Malaysia ini. Bayangpun, pas makan siang di Central Market, saya pesan tiga menu berbeda. Ada Soto Mie, Bakso, dan Soto Campur. Keliatannya beda ya. Tapi kuahnya sama aja, Sis! Isinya doang yang beda. Aturan nyicip menu beda malah kena zonk.

Se…

Tenang dan Senang Naik Pesawat Bareng Bayi

Image
Menjemput fajar
Hal yang paling saya khawatirkan saat akan mengajak Elif terbang dengan durasi lebih panjang dari sebelumnya adalah... Rewel. Beberapa kali terbang bertemu anak-anak tantrum saat take off dan landing, membuat saya parno sendiri. Untungnya, Elif sepertinya sudah paham kalau akan naik pesawat dan rasanya pasti berbeda dengan naik transportasi lain.

Seminggu sebelum hari keberangkatan, saya berkali-kali menyelipkan kalimat, "Elif, kita mau naik pesawat lagi, nih. Nanti Elif mungkin agak sakit telinganya. Tapi gapapa, ada ayah sama ibu. Elif main atau minum susu aja ya."

Jawaban Elif seperti biasa, mengangguk dan menaik-turunkan tangannya, senang.

Begitu terus saya ulang sampai benar-benar sudah duduk di bangku pesawat. Saya juga ceritakan kalau dulu saat masih di dalam perut, dia sudah pernah diajak naik pesawat. Begitu juga saat usianya sembilan bulan. Jadi, nggak perlu takut atau sakit.

Dan, Alhamdulillah, Elif enggak rewel sama sekali. Baik saat take off at…

Ketinggalan Pesawat di Kuala Lumpur Malaysia

Image
Petronas
Pernah nggak, sih, rencana yang kalian susun tiba-tiba berantakan hanya karena kurang 'AQUA'?

Saya baru saja mengalaminya.

Rencana hari ini pulang dengan gagah karena berhasil pakai penerbangan murah PP langsung gagal.

Jadwal penerbangan pulang pakai Citilink pukul 15.20, saya sampai di KLIA jam 14.05. Logikanya, bisa ya check in dan pulang tepat waktu? Tapi saya tak bisaaaa, heh!

Bayangpun, sampai di KLIA, aturan saya turun karena banyak banget orang Indonesia turun, saya malah santai nunggu KLIA Ekspres turun di KLIA 2. Ya jelas salah bandara! Saya tuh, kebayang-bayang, maskapai low cost carrier berangkatnya dari KLIA 2.

Nah, Citilink itu di pikiran saya termasuk murah! Karena tiketnya cuma 250ribu!!! Hadeeeeh. Kan, kurang pinter banget ini namanya. Kok ya nggak kepikiran kalau belinya pas promo?

Namanya juga mepet jam check in. Jadinya langsung merasa bodoh banget dan enggak bisa mikir sama sekali.

Termasuk nggak bisa mikir kalau dari KLIA 2 ke KLIA itu ada sh…

Saat Elif Mulai Terapi Okupasi

Image
Awal MPASI
Sebelum saya meneruskan cerita tentang terapi okupasi, saya cuma mau ingetin, jangan jadi orang tua yang denial sama kondisi anak. Misalnya, kalian sebagai orang tua tahu kalau berat badan anak segitu-gitu aja setiap bulannya, BB seret dalam dua bulan berturut-turut. Tapi keukeuh menganggap anak sehat. Yang penting aktif, doyan makan. Sampai dipamerin ke sosmed. Adaaaa! #EH

Logikanya, anak doyan makan, aktif, pasti lah yaaa… berat badannya naik. Kalau nggak naik? Ya berarti ada apa-apa. Jangan denial. Kenaikan BB tidak sesuai dengan usianya, pasti juga ada apa-apa.

Contohnya saya, nih. Elif kurang aktif apa, sih. Kurang doyan makan gimana lagi, yaa kena juga ADB dan ISK *diulang aja sejuta kali biar kalian ngeh, wkwk*

Anak teman saya, aktifnya kebangetan, kalau makan muntah. Eh, kena hipotiroid.

Ada pasien yang bilang kalau anaknya sudah imunisasi BCG tapi susah makan lalu kena TBC. Imunisasi itu hanya mengcover 85% imunitas tubuh. Imunisasi saja bisa sakit, apalagi yang ng…