Thursday, June 27, 2019

Ribetnya Jalan-jalan Bareng Bayi Tumbuh Gigi

Kalo gini ceria ;))

Sekira lima hari sebelum lebaran, Elif mulai mogok makan. Yang biasanya doyan makan apa aja, sekarang jadi kumat. Ngemut apa aja yang masuk ke mulut. Tapi, kadang-kadang dia mau juga kalau disuapin makanan. Paling pas lagi bener-bener lapar.

Saat mudik, Elif nggak begitu keliatan mogok makannya. Tapiii pas diajak main ke Batu, kumat luar biasa. Semuanya nggak cuma diemut, juga dilepeh. Ganti menu? Sama aja! Saya yang semula semangaaat ngajak renang ke Selecta jadi senewen. Mangkel, kzl zbl luar biasa. Mood liburan langsung lebur.

Ya gimana dong? Nggak ada makanan blas yang masuk, termasuk cemilan.

Kalo gini seneng 🙃

Ternyata, usut punya usut, besoknya saya iseng nyuruh Elif buka mulut. Di situ baru keliatan kalau gigi gerahamnya tumbuh. Sebiji. Pantesan rewel.

Sehari-dua, nafsu makan Elif kembali. Lalu menginjak hari ketiga kambuh lagi. Yaelah, emak-emak panikan langsung mere-mere dong. Cek-cek gigi, e, ada dua biji gigi geraham dan satu gigi susu tumbuh. Barengan!

Seneng? Alhamdulillah

Ya Allah... Panteslah anak awak rewel sekali. Hati dan pikiran udah nyalahin jadwal terapi okupasi yang nggak konsisten. Ndilalah pas tau tumbuh gigi jadi lega. Apa kabar urusan makan?

Wes sak karepmu. Mau makan, Alhamdulillah. Enggak, ya sudahlah biar. Namanya juga tumbuh gigi. Nggak maksa tapi tetep nawarin.


Wes sak karepmu, Dek 🙃

Di sini sungguh saya baru menyadari kalau semua hal yang saya kerjakan pasti selalu berhubungan erat dengan Elif. Mau bekerja, jalan-jalan, makan, tidur, pasti ada aja kaitannya sama Elif. Saya yang dulunya enggak jago-jago amat ngatur itinerary, sekarang kudu lebih jago ngaturnya, disesuaikan dengan kebutuhan Elif. Itinerary berantakan? Ya nggak masalah. Yang penting jangan sampai mengganggu waktu untuk keluarga. Karena itinerary hanyalah buatan manusia. Selanjutnya serahkan pada Allah 🙃.

Jadi, kalau disuruh menyimpulkan, emang enak ngajak bayi jalan-jalan? Enak dong! Apalagi pas tumbuh gigi. Bisa memacu adrenalin dan belajar mengatur kewarasan di tengah kondisi yang kurang stabil 🙃

Semangat! ðŸĪŠ