Mancal Kulineran: Nasi Cumi Pasar Atum Ibu Atun

Mancal amatiran

Delapan bulan pandemi dan saya masih di Surabaya. Luar biasa. Jarang-jarang saya bisa betah goleran di rumah aja dalam kurun waktu selama itu. Kalau nggak karena pandemi, yaa nggak bakalan betah di rumah aja, wkwk.

Karena saya sudah mulai sangat bosan di rumah aja, maka saya berinisiatif untuk melakukan hal berbeda. Ya kali delapan bulan pandemi hidup saya nggak ada manfaatnya sama sekali selain goleran dan males-malesan. Maka, ketika suami membelikan sepeda bekas dan smartband, saya pun mengajak untuk mancal bareng-bareng.

Sementara Elif dititipin Ummah bentar. Kami pacaran dulu 😚.

Pacaran tipis-tipis

Rute mancal yang saya rencanakan adalah Jalan Gula, kawasan kota lama Surabaya gitulah. Niatnya memang cuma mau mejeng sepeda lalu jepret di tembok legendarisnya Jalan Gula. Habis itu bablas. Tapi, karena jam sudah menunjukkan waktunya saya makan, akhirnya kami melipir.

Melipirnya sebenernya mau ke Nasi Cumi kaki lima yang buanyak ditemukan di sekitar Pasar Atum. Tapi, saya kok nggak interest ya. Sekali lagi, ini masih pandemi dan saya yang suka pilih-pilih tempat makan jadi makin-makin pilih-pilih.

Minimal nyari tempat yang bersih, penjualnya pake masker, dan nggak ada pengunjung selain kami. Karena sungguh saya masih sangat parno buat makan di resto. Kalau pun terpaksa makan di resto, misal karena undangan, biasanya saya bakal cepet-cepet kelarin makan biar bisa cepet-cepet masker lalu pulang. Hehe, takut corona.

Bersih dan sepi

Sekelebatan saya melihat warung khusus Nasi Cumi di kanan Jalan Waspada. Namanya Nasi Cumi Pasar Atum Ibu Atun. Warungnya bersih dan sepi tanpa pengunjung sama sekali. Saya pun langsung ke sana. Memarkir sepeda, mencuci tangan, dan memesan menu makanan. Harganya cukup affordable, sekitar Rp 20.000-35.000 aja.

Yang membuat saya yakin tempat ini enak dikunjungi adalah banyaknya foto artis yang pernah mampir. Approved, kan, ya, kalau sudah begitu? :))

Bersih

Saya memesan Nasi Cumi biasa seharga Rp 20.000 dan suami memesan Nasi Bebek Bumbu Madura seharga Rp 25.000. Rasanya enak. Cuminya empuk dan nggak amis.

Nasi Cumi ini kuliner khas Madura. Banyak dijual di Surabaya ya karena Suku Madura yang menetap di Surabaya segambreng. Jadilah serupa kuliner khas Surabaya.

Jadi? Mau ikut nyobain mancal ke Pasar Atum buat makan Nasi Cumi Bu Atun? 

Nasi Cumi dan Nasi Bebek Bumbu Madura


Comments

Unknown said…
Mantab..... Kapan ku bisa spt ittu..... Mimpi kali ye... Heheheh
Atiqoh Hasan said…
Loh kok mimpi? 😂

Popular posts from this blog

Makanan Khas Negara ASEAN Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Pengalaman Menginap di Bandara Changi Singapura

Kuliner: Lontong Kupang